Study Banding ini merupakan salah satu program kerja dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Organisasi (PSDO). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan antar pengurus HMPGSD, mengeratkan tali silaturahmi antara pengurus HMPGSD Kampus UPI Tasikmalaya dengan pengurus HMPS PGSD UMP, berdiskusi aktif antar pengurus HMPGSD Kampus UPI Tasikmalaya dengan pengurus HMPS PGSD UMP untuk meningkatkan optimalisasi program kerja masing-masing, serta menjalin kebersamaan untuk mengharumkan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 Mei 2024 di Auditorium Kampus UPI Tasikmalaya dengan hadirin sebanyak 85 orang. Kegiatan dimulai dengan registrasi panitia dan peserta oleh sekretaris, check in peserta dan persiapan pembukaan dipandu oleh MC non formal yang dilaksanakan pukul 07.00-08.10 WIB. Kemuadian kedatangan dan penyambutan HMPS PGSD UMP pada pukul 08.10-08.15 WIB dipandu oleh MC non formal. Pada pukul 08.15- 08.47 WIB acara diserahkan kepada MC formal yaitu Agung Yanwar Rachman dan Fakhira Zahra Pujayanti untuk pelaksanaan pembukaan, dengan urutan pembukaan yaitu, pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ferry Friadhie, menyanyikan lagu Indonesia Raya dipandu oleh Anggita Fathimatuz Zahra, sambutan ketua pelaksana oleh Hana Uswatun Hasanah, sambutan dari ketua HMPS PGSD UMP oleh Muhammad Al-Fayed, sambutan ketua Badan Eksekutif HMPGSD Abdurrahman Nur Falah, sambutan sekaligus membuka acara secara resmi oleh Presiden BEM REMA Kampus UPI Tasikmalaya oleh Andra Nata, kemudian dilanjut oleh pembacaan doa oleh Raihan Muhamad Aldizar, dan ditutup oleh MC formal. 

Pukul 08.47-11.00 dilaksanakan kegiatan perkenalan dan sharing program kerja HMPGSD Kampus UPI Tasikmalaya dan HMPSD PGSD UMP yang dipandu oleh MC non formal. Pukul 11.00-11.44 WIB dilaksanakan sharing perdepartemen. Kemudian kegiatan makan dilaksanakan pada pukul 11.44-12.17 WIB, dilajutkan dengan kegiatan istirahat dan sholat yang dilaksanakan pukul 12.17-13.08 WIB. Kegiatan selanjutnya pada pukul 13.08- 13.17 adalah prakata dari ketua Badan Eksekutif HMPGSD oleh Abdurrahman Nur Falah dan prakata penutup dari ketua HMPS PGSD UMP oleh Muhammad Al-Fayed. Kemudian acara diakhiri dengan kegiatan foto bersama antar pengurus HMPGSD Kampus UPI Tasikmalaya X HMPS PGSD UMP pada pukul 13.17-13.25 WIB