Pendidikan merupakan syarat mutlak bagi pembangunan sebuah bangsa. Hal ini menunjukan bahwa Pendidikan dalam suatu bangsa dapat mencerminkan pembangunan dalam berbagai sector bangsa,. Sama halnya dengan maju mundurnya sebuah peradaban, bukan disebabkan oleh para tentaranya yang kuat dan solid dalam peperangan, tetapi dapat dilihat dari orang-orang yang ada didalamnya apakah berpendidikan atau tidak.

    Kegiatan Kajian Isu 2024 berjalan lancar dengan dihadiri oleh kurang lebih 30 orang dari pengurus HMPGSD Periode 2023/2024. Acara kajian isu 2024 ini bertemakan “ Memperluas pengetahuan untuk menciptakan generasi berwawasan.” Pada acara kajian isu ini juga terdapat pemantik yang menentukan jalannya acara yaitu bapak Dr. Dian Indihadi M.Pd. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh PLT Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya , Komisi I DPRD Kota Tasikmalaya. 

    Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB yang diawali dengan pembukaan dengan memuat sambutan-sambutan dari ketua pelaksana dan juga penanggung jawab serta sambutan pemantik dari dosen UPI Bapak Dr. Dian Indihadi, M.Pd sekaligus membuka kegiatan ini . Kegiatan pada pukul 08.00-11.40 melakukan diskusi mengenai pemahaman dalam bidang pendidikan yang berkaiatan dengan isi pemaparan terkait isu-isu mengenai problematika PPG bagi Mahasiswa PGSD, Harga kuliah PGSD tidak berarti di mata Regulasi PPG bidang Guru SD dan kesejahteraan profesi guru indonesia mulai dari guru honorer serta P3K terhadap keberhakan, sentralisasi penempatan, kualitas Pendidik serta gaji guru yang mengkhaawatirkan bagi kesejahteraan guru. 

    Adapun pemateri yang memberikan pemaparan isu-isu yang dalam lingkungan pendidikan yaitu PLT Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya , Komisi I DPRD Kota Tasikmalaya. Pada pukul 08.00-11.40 WIB dilanjut dengan melakukan acara penutupan dengan membaca doa terlebih dahulu, lalu memberikan sertifikat kepada tamu undangan dan foto Bersama.