Ampar  Buku diadakan dalam rangka menambah minat baca  dan memotivasi anak-anak yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HMPGSD). Kegiatan Ampar Buku merupakan kegiatan sosial sebagai wadah anak muda untuk meningkatkan literasi kepada anak-anak. Kegiatan ini sangat menunjang dalam meningkatkan minat anak-anak dalam membaca buku yang kami sediakan. Membaca buku menjadi media dalam meningkatkan kapasitas kecerdasan dan minat anak dalam melatih skill-skill lainnya. Tetapi zaman semakin berubah, teknologipun kian berperan aktif dalam penggunaannya dikehidupan sehari-hari terlebih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Salah satu upaya solusi yang dilakukan dengan mengadakan kegiatan Ampar Buku 2024.

    Ampar Buku kali ini bertempat di SDN 2 Bugel.  Kegiatan ini diawali dengan persiapan lalu check in dan briefing panitia pada mulai pukul 08.00- 08.30. Adapun pada pukul 08.30 – 09.30 WIB dilanjut dan pengkondisian anak anak dengan mengumpulkan semuanya dilapangan SDN 2 Bugel kemudian acara pembukaan oleh MC Nonformal oleh Intan dan caca, setelah pengkondisian peserta dilanjutkan ice breaking dan nyanyi nyanyian seperti Aramsamsam agar anak anak merasa senang. Untuk pembentukan kelompok dengan sebuah permainan sehingga terbentuk kelompok yang didalamnya masing masing terdapat 10 anak dari berbagai tingkatan kelas.

    Setelah pembagian kelompok diiringi dengan penentuan pendamping dari HMPGSD untuk masing-masing kelompok agar dapat terkontrol dengan baik dalam proses membaca. Sebelum membaca buku dimulai para pendamping melakukan perkenalan dengan anak-anak kelompoknya dan melakukan pengecekan tingkatan kelas tiap anaknya. Ketika sudah dipastikan tingkatan kelasnya pendaping tiap kelompoknya membawakan jenis buku yang disesuaikan dengan fase tingkatan kelasnya dari mulai fase A untuk kelas 1-2, fase B untuk kelas 3 dan 4 terakhir fase C untuk kelas 5 dan 6 adar sesuai dengan kemampuan membaca siswanya dilanjutkan baca buku bersama dari pukul 09.15 WIB s.d 10.00 WIB, anak-anak terlihat khidmat  dan fokus pada sesi literasi ini. Lalu pada pukul 10.20 WIB s.d 10.11 WIB dilanjutkan dengan review buku kedepan oleh perwakilan kelas 1-6 oleh anak anak dari SDN 2 Bugel untuk yang sudah berani akan diberi hadiah langsung ketika sudah melakukan rivwe terhadap buku yang telah dibacanya.