Ampar  Buku diadakan dalam rangka menambah minat baca  dan memotivasi anak-anak yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HMPGSD). Kegiatan Ampar Buku merupakan kegiatan sosial sebagai wadah anak muda untuk meningkatkan literasi kepada anak-anak. Kegiatan ini sangat menunjang dalam meningkatkan minat anak-anak dalam membaca buku yang kami sediakan. Membaca buku menjadi media dalam meningkatkan kapasitas kecerdasan dan minat anak dalam melatih skill-skill lainnya. Tetapi zaman semakin berubah, teknologi pun kian berperan aktif dalam penggunaannya dikehidupan sehari-hari terlebih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Salah satu upaya solusi yang dilakukan dengan mengadakan kegiatan Ampar Buku 2024.

Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “melangkah bersama dalam membangun minat baca generasi muda.” Bertempat di SDN 1 Angkasa.  Kegiatan ini diawali dengan persiapan lalu check in dan briefing panitia pada mulai pukul 07.00 – pukul 07.20 serta perjalanan dari kampus ke lokasi. Adapun pada pukul 07.50 WIB dilanjut check in peserta dan pengkondisian acara pembukaan oleh MC Nonformal oleh Ghina Faidah Octaviani dan Alia Hamdah, setelah pengkondisian peserta dilanjutkan Acara Pembukaan oleh MC Formal yaitu Windry Syakia dan Dini Sri Mulyani, pembukaan formal ini meliputi pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Fathur ,  menyanyikan lagu Indonesia Raya , laporan ketua  pelaksana oleh Rasti Nopianti, sambutan oleh   penanggungjawab Abdurrahman Nurfalah, Pembina HMPGSD yaitu Ibu Anggit Merliana, dan Bapak Kepala Sekolah SDN Angkasa,  terakhir ditutup doa oleh Fathur.  

Setelah kegiatan pembukaan selesai dilanjutkan baca buku bersama dari pukul 09.20 WIB s.d 09.45 WIB, anak-anak terlihat khidmat  dan fokus pada sesi literasi ini. Anak-anak SDN 1 Angkasa dibagi menjadi beberapa kelompok lalu perkelompoknya didampingi dari panitia HMPGSD agar proses membaca bukunya dapat terkoordinasi dengan baik. Lalu pada pukul 09.45 WIB s.d 10.10 WIB dilaksanakannya ishoma setelah itu lanjut pada kegiatan games dan pemberian hadiah pada pukul 10.10 WIB s.d 11.00 WIB, kegiatan dilanjut dengan review buku pada pukul 11.00 WIB s.d 11.20 WIB. Sebagai penghargaan kepada sekolah yaitu pemberian cendera mata dan ditutup dengan perpisahan pada pukul 11.30 WIB s. 12.00 WIB.